Kamis, 26 September 2019


 KISI-KISI B. INGRIS PTS
8/sem 1/2019
KISI-KISI PENULISAN SOAL

Satuan Pendidikan    :  SMP Negeri 7 Jakarta                                                                                         Kurikulum                  :  Kurikulum Tahun 2013
Mata Pelajaran          :  BAHASA INGGRIS                                            Alokasi Waktu   :  45 menit

Kelas/Semester        :  VIII (delapan)/Ganjil                                               Jumlah Soal   :  25

     Tahun Pelajaran        :  2019/2020                                                               Penyusun      : Roulina Septeria 
                                                                                                                                                 Sianturi,SPD.,MHum
Digunakan untuk       :  PTS

No.
Urut
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi
Esensial
Indikator Soal
Tingkat Kesukaran
No. Soal
Bentuk Soal

3.1 Menerapkan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.1.1 Menentukan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian

3.1.2 Menentukan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
mengecek pemahaman,

3.1.3 Menentukan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
 menghargai kinerja, 


3.1.4 Menentukan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

Teks Dialog sederhana tentang :
1.    Ungkapan meminta perhatian serta responnya
2.   Ungkapan mengecek pemahaman serta responnya
3.   Ungkapan menghargai kinerja serta responnya
4.   Ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya

Unsur Kebahasaan
- Ungkapan a.l. 
    Siti, what did I  
    say?
    Hey Dayu,..
    Is it clear?,
    Do you  
    understand?
    Great, 
    What do you 
    think ?
    I think so., dsb.
    It’s hot
    It’s awesome.
    What a diligent 
    boy!
    Good Siti



3.1.1.1 Disajikan teks rumpang yang memuat dialog tentang ungkapan meminta perhatian.
Siswa dapat :
-     Menentukan  dan menemukan  frase dengan kata kerja get untuk ragam ungkapan mendapat perhatian siswa
-     Menentukan  dan menemukan  frase ungkapan  untuk mendapat perhatian Dayu

3.1.2 .1-2 Disajikan teks rumpang yang memuat dialog tentang ungkapan mengecek pemahaman.
Siswa dapat :
-     Menentukan  dan menemukan ragam ungkapan mengecek pemahaman
-     Memberikan alasan untuk mengexpressikan ungkapan mengecek understanding

3.1.3.1    Disajikan teks rumpang yang memuat dialog tentang ungkapan menghargai kinerja.
Siswa dapat :
-     Menentukan  dan menemukan ungkapan menghargai kinerjaSiti
Good Job
-     Menentukan  dan menemukan ungkapan menghargai kinerjaEdo dengan kata seru “What”
What  a diligent boy!

3.1.4.1 – 3  Disajikan teks rumpang yang memuat dialog tentang meminta dan mengungkapkan pendapat
Siwa dapat menentukan  dan menemukan ungkapan
-       meminta pendapat,
-       memberi pendapat tentang makanan 
-       dan cerita


C3

C3




C3

C4





C3

C3




C3
C3
C3



5

9





4

6





7


8




1
2
3


PG

3.2Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.1. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.2.2. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait  kemauanmelakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
1.    Ungkapan menyatakan kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan,   dengan
     modal: canwill.

2.    Kalimat tanya dengan kata tanya
3.    Kalimat tanya interrogative (tanpa kata tanya)
4.    Pernyataan negative dengan kata sambung but.

3.2.1.1-5  Disajikan  teks percakapan tentang ungkapan menyatakan kemampuan melakukan suatu tindakan.
Siswa dapat :
-     Menentukan dan menemukan 
kemampuan yang termasuk  kelompok art martial (seni bela diri)

-   Menentukan dan menemukanpernyataan yang benar  dan sesuai  isi text tentang kemampuan Dito

-   Menentukan dan menemukan  penggunaan kata  kerja do setelah kata  kerja can  dalam kalimat mengenai kemampuan menjawab test

-   Menentukan dan menemukan  pemilihan kata  kerja get setelah kata can  dalam kalimatmengenai  kemampuan bangun pagi.

-   Menentukan  dan menemukan kalimat tanya  yang tepat dengan kata tanya  sebelum kata kerja  bantu can ..

3.2.2.1-5 Disajikan  teks percakapan tentang ungkapan menyatakan kemauan melakukan suatu tindakan.

Siswa dapat :
-     Melengkapi dialog dengan ungkapan  kalimat tanya  tentang bagaimana caranya ia ingin pergi ke Jakarta.

-   Menentukan dan menemukan pilihan kata yang tepat  kerja to be dengan adjective happy .

-     Menentukan dan menemukan frase 
  untuk ungkapan mau membeli 
  hanpdhone

-   Menentukan  dan menemukan kalimat tanya  interrogative dengan kata kerja will yang benar  dan tepat.

-   Menentukan dan menemukan  pemilihan kata  kerja help  setelah kata will dalam kalimatmengenai  kemauan membantu.





C4


C3

C3


C3


C3



C3


C3


C3

C3

C3




10



11

16


17



18



12



13


14

15


19



3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan must, should)
3.3.1. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur keba-hasaan must, have to)
3.3.2. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait larangandengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan must not, don’t.. ,is/are allowed. is/are prohibited)
3.3.3. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait himbauansesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan should , should not )


1.   Ungkapan  Rules, obligation and Suggestion :
-     Kewajiban / keharusan
Must 
Have to
Do it now1

-     Tidak kewajiban 
Don’t have to

   -   larangan
        Must not
        Don’t
        No smoking
        (No + Verb +ing)
        It is prohibited to.
        Is not allowed to..

   -   himbauan /saran    dengan modal must, (don’t)
        have to..., should,
        ought to
        hould not

3.3.1.1-4  Disajikan  teks percakapan tentang ungkapan menyatakan keharusan /kewajiban /rules untuk melakukan suatu tindakan.
Siswa dapat :
-     Melengkapi dialog dengan  frase tentang  kewajiban seseorang  jika seorang guru berbicara

-     Melengkapi dialog dengan  frase tentang  kewajiban seseorang jika seorang boleh bermain di tempat permainan

-     Melengkapi kalimat  dengan  kata kerja bantu must tentang  kewajiban seseorang jika pengunjung dewasa membayar tiket masuk di tempat itu

-     Melengkapi kalimat  dengan  kata kerja bantu should tentang  saran  kepada pengunjung sjika ingin melihat ikan di tempat itu

-     Melengkapi kalimat  dengan  kata kerja bantu should  fix tentang  saran  kepada pihak pengelola utntuk memperbaiki sarana permaianan di tempat itu

-     Melengkapi kalimat  dengan  kata kerja bantu should  help tentang  saran  kepada pegawai agar membantu pengunjumg di tempat itu



C3


C3


C3


C3


C4


C3




20


21


22


23



24



25












Tidak ada komentar:

Posting Komentar