KISI-KISI B. INGRIS PTS
8/sem 1/2019
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 7 Jakarta Kurikulum : Kurikulum Tahun 2013
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS Alokasi Waktu : 45 menit
Kelas/Semester : VIII (delapan)/Ganjil Jumlah Soal : 25
Tahun Pelajaran : 2019/2020 Penyusun : Roulina Septeria
Sianturi,SPD.,MHum
Digunakan untuk : PTS
No.
Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi
Esensial
|
Indikator Soal
|
Tingkat Kesukaran
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.1.1 Menentukan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian,
3.1.2 Menentukan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
mengecek pemahaman,
3.1.3 Menentukan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
menghargai kinerja,
3.1.4 Menentukan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
Teks Dialog sederhana tentang :
1. Ungkapan meminta perhatian serta responnya
2. Ungkapan mengecek pemahaman serta responnya
3. Ungkapan menghargai kinerja serta responnya
4. Ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan a.l.
Siti, what did I
say?
Hey Dayu,..
Is it clear?,
Do you
understand?
Great,
What do you
think ?
I think so., dsb.
It’s hot
It’s awesome.
What a diligent
boy!
Good Siti
|
3.1.1.1 Disajikan teks rumpang yang memuat dialog tentang ungkapan meminta perhatian.
Siswa dapat :
- Menentukan dan menemukan frase dengan kata kerja get untuk ragam ungkapan mendapat perhatian siswa
- Menentukan dan menemukan frase ungkapan untuk mendapat perhatian Dayu
3.1.2 .1-2 Disajikan teks rumpang yang memuat dialog tentang ungkapan mengecek pemahaman.
Siswa dapat :
- Menentukan dan menemukan ragam ungkapan mengecek pemahaman
- Memberikan alasan untuk mengexpressikan ungkapan mengecek understanding
3.1.3.1 Disajikan teks rumpang yang memuat dialog tentang ungkapan menghargai kinerja.
Siswa dapat :
- Menentukan dan menemukan ungkapan menghargai kinerjaSiti
Good Job
- Menentukan dan menemukan ungkapan menghargai kinerjaEdo dengan kata seru “What”
What a diligent boy!
3.1.4.1 – 3 Disajikan teks rumpang yang memuat dialog tentang meminta dan mengungkapkan pendapat
Siwa dapat menentukan dan menemukan ungkapan
- meminta pendapat,
- memberi pendapat tentang makanan
- dan cerita
|
C3
C3
C3
C4
C3
C3
C3
C3
C3
|
5
9
4
6
7
8
1
2
3
|
PG
| |
3.2Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.2.1. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.2. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemauanmelakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
1. Ungkapan menyatakan kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, dengan
modal: can, will.
2. Kalimat tanya dengan kata tanya
3. Kalimat tanya interrogative (tanpa kata tanya)
4. Pernyataan negative dengan kata sambung but.
|
3.2.1.1-5 Disajikan teks percakapan tentang ungkapan menyatakan kemampuan melakukan suatu tindakan.
Siswa dapat :
- Menentukan dan menemukan
kemampuan yang termasuk kelompok art martial (seni bela diri)
- Menentukan dan menemukanpernyataan yang benar dan sesuai isi text tentang kemampuan Dito
- Menentukan dan menemukan penggunaan kata kerja do setelah kata kerja can dalam kalimat mengenai kemampuan menjawab test
- Menentukan dan menemukan pemilihan kata kerja get setelah kata can dalam kalimatmengenai kemampuan bangun pagi.
- Menentukan dan menemukan kalimat tanya yang tepat dengan kata tanya sebelum kata kerja bantu can ..
3.2.2.1-5 Disajikan teks percakapan tentang ungkapan menyatakan kemauan melakukan suatu tindakan.
Siswa dapat :
- Melengkapi dialog dengan ungkapan kalimat tanya tentang bagaimana caranya ia ingin pergi ke Jakarta.
- Menentukan dan menemukan pilihan kata yang tepat kerja to be dengan adjective happy .
- Menentukan dan menemukan frase
untuk ungkapan mau membeli
hanpdhone
- Menentukan dan menemukan kalimat tanya interrogative dengan kata kerja will yang benar dan tepat.
- Menentukan dan menemukan pemilihan kata kerja help setelah kata will dalam kalimatmengenai kemauan membantu.
|
C4
C3
C3
C3
C3
C3
C3
C3
C3
C3
|
10
11
16
17
18
12
13
14
15
19
| ||
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan must, should)
|
3.3.1. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur keba-hasaan must, have to)
3.3.2. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait larangandengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan must not, don’t.. ,is/are allowed. is/are prohibited)
3.3.3. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait himbauansesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan should , should not )
|
1. Ungkapan Rules, obligation and Suggestion :
- Kewajiban / keharusan
Must
Have to
Do it now1
- Tidak kewajiban
Don’t have to
- larangan
Must not
Don’t
No smoking
(No + Verb +ing)
It is prohibited to.
Is not allowed to..
- himbauan /saran dengan modal must, (don’t)
have to..., should,
ought to
hould not
|
3.3.1.1-4 Disajikan teks percakapan tentang ungkapan menyatakan keharusan /kewajiban /rules untuk melakukan suatu tindakan.
Siswa dapat :
- Melengkapi dialog dengan frase tentang kewajiban seseorang jika seorang guru berbicara
- Melengkapi dialog dengan frase tentang kewajiban seseorang jika seorang boleh bermain di tempat permainan
- Melengkapi kalimat dengan kata kerja bantu must tentang kewajiban seseorang jika pengunjung dewasa membayar tiket masuk di tempat itu
- Melengkapi kalimat dengan kata kerja bantu should tentang saran kepada pengunjung sjika ingin melihat ikan di tempat itu
- Melengkapi kalimat dengan kata kerja bantu should fix tentang saran kepada pihak pengelola utntuk memperbaiki sarana permaianan di tempat itu
- Melengkapi kalimat dengan kata kerja bantu should help tentang saran kepada pegawai agar membantu pengunjumg di tempat itu
|
C3
C3
C3
C3
C4
C3
|
20
21
22
23
24
25
| ||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar